Kisah Singkat Wing Chun

Menurut cerita versi Ip Man, nama Wing Chun itu sendiri diambil dari nama seorang gadis yaitu Yim Wing Chun, anak dari seorang pengusaha kedai tahu yang terkenal di desa Yunnan. Karena Wing Chun adalah seorang gadis yang menarik, ada seorang preman setempat yang tertarik pada Wing Chun, karena preman tersebut cukup lumayan ilmu kungfunya, maka dia menjadi bertindak semena-mena dan mencoba memaksa untuk menikahi Wing Chun.

Kebetulan pada waktu yang sama, seorang biksuni bernama Ng Mui sedang mengembara di daerah Yunnan, dan tidak sengaja melihat keributan yang terjadi antara si preman dan keluarga kedai tahu itu. Melihat kejadian itu, Ng Mui berbicara dengan pemilik kedai dan menawarkan untuk mengajarkan kungfu pada Wing Chun.

Ng Mui adalah biksuni shaolin yang jago kungfu, karena dia seorang wanita, dia menyadari bahwa dari segi fisik dan kekuatan, wanita pasti kalah dari lelaki yang juga berlatih kungfu. Suatu hari Ng Mui mengamati pertarungan antara ular dan burung bangau, ia mengadaptasi gerakan-gerakan pertarungan dari ular dan burung bangau untuk dikombinasikan dengan ilmu kungfunya dan karakter dirinya sebagai wanita, sehingga menciptakan kungfu gaya baru yang mana kungfu gaya baru inilah yang diajarkan Ng Mui pada Wing Chun.

Wing Chun sangat senang sekali belajar kungfu karena ayahnya pernah menjadi murid shaolin sehingga tak heran jika Wing Chun pun sedikit-sedikit diajarkan oleh ayahnya. Wing Chun sangat giat berlatih sehingga mampu menguasai ilmu yang diajarkan oleh Ng Mui. Setelah Wing Chun menguasai ilmu yang diberikan Ng Mui, dia berhasil mengalahkan kungfu si preman yang memaksanya untuk menikah sehingga Wing Chun terbebas dari si Preman dan tidak di ganggu lagi. Wing Chun akhirnya menikah dengan Leung Bok Cho dan kemudian Wing Chun mengajarkan ilmu kungfunya pada suaminya. Leung Bok Cho kemudian menamai kungfu ini Wing Chun seperti nama istrinya yang sudah mengajarinya.

Kungfu Wing Chun kemudian diturunkan terus menerus dari generasi ke generasi sampai pada Ip Man yang juga menjadi murid pada awalnya dan kemudian menjadi Great Grandmaster. GGM Ip Man pun menurunkan kungfu Wing Chun pada muridnya yang saat ini sudah tersebar di seluruh dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s