Tradisi Wing Chun Ip Man – “Bai Shi”

Di Wing Chun Ip Man khususnya dan kungfu pada umumnya, murid berlatih wing chun dibagi kedalam 2 kategori kelompok yaitu murid b iasa/reguler dan murid dalam atau murid yang diangkat secara resmi dengan prosesi tradisional yang disebut dengan Bai Shi.

Murid yang menerima Bai Shi diperlakukan layaknya keluarga, karena dianggap sebagai keluarga maka sang murid mendapat akses yang tidak terbatas untuk mempelajari wing chun dari sang guru/sifu.

Salah satu cara untuk melihat atau mengetahui seorang murid telah di-Bai Sih atau belum, dapat dilihat dari foto bersama antara murid dan sifunya. Umumnya sifu berada dalam posisi duduk dan sang murid berdiri disampingnya. Posisi berdiri inilah yang menentukan, jika sanag murid berdiri disamping kanan berarti dia sudah diangkat.

(Buku Wing Chun Tradisional Ip Man, Halaman 25)

img-20170224-wa0064

24 Februari 2017, Proses Bai Shi pengangkatan murid oleh Sifu Martin Kusuma kepada instruktur dari cabang Tradisional Ip Man Wing Chun Bali yang berlokasi Jakarta.

WhatsApp Image 2017-05-14 at 20.15.50

14 Mei 2017, Proses Bai Shi pengangkatan murid oleh Sifu Martin Kusuma kepada instruktur dari cabang Tradisional Ip Man Wing Chun Bali yang berlokasi Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s